Mencetak Cocopeat Blok (Serbuk Sabut Kelapa) Bernilai Ekspor

Kategori : Artikel Proses

Mencetak Cocopeat Blok (Serbuk Sabut Kelapa) Bernilai Ekspor

Cocopeat blok (serbuk sabut kelapa) yang merupakan serbuk sisa pengolahan penguraian sabut kelapa yang dicetak berbentuk kubus memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pengolahannya cukup sederhana, namun dapat mengangkat harga cocopeat.

Cocopeat blok sering dimanfaatkan oleh perusahaan pembuat karbon batrai atau juga sebagai media tanam. Pengguna terbesar produk ini adalah Korea Selatan.

Penggunaan cocopeat selama ini di dalam negeri banyak digunakan sebagai media tanam pengganti tanah, atau sebagai campuran pembuatan pupuk organik. Harga jualnya pun tidak lebih dari Rp 600 an rupiah. Namun informasi dari rekan pengrajin cocopeat di Lampung, harga jual Cocopeat blok mencapai Rp 2.300 an per kg. Harga yang cukup menggiurkan.

Untuk membuat Cocopeat blok, cukup sederhana. Cara ini saya ambil dari proses pembuatan cocopeat bapak Pani di Lampung.

  1. Lakukan proses penguraian sabut kelapa dengan memilih kelapa yang sudah tua, memiliki serat yang matang, sehingga dapat dimanfaatkan cocofibernya.
  2. Pisahkan antara serat sabut kelapa (cocofiber) dengan serbuk sabut kelapa (cocopeat)
  3. Kemudian ayak cocopeat untuk memisahkan lagi serat sabut kelapa yang pendek, sehingga hanya diperoleh serbuk sabut kelapa yang seragam.
  4. Lakukan proses pengeringan pada cocopeat. ada juga buyer yang mensyaratkan kadar garam pada serbuk cocopet dengan kadar 2%, karena itu sebelum dilakukan pengeringan dilakukan pencucian, atau pembiaran melalui hujan.
  5. Tingkat kekeringan pada cocopeat harus mencapai minimal 12% kadar air.
  6. Lakukan proses pencetakan menjadi cocopeat blok. Ukuran yang diminta biasanya dimensi 30x30x15cm atau 30x30x20cm dengan masing-masing ukuran berbobot + 5 kg.
  7. Lakukan proses packing menggunakan plastik yang diikat kuat menggunakan tali.
  8. Cocopeat blok siap dikirim
Lalu alat atau mesin apa yang dibutuhkan untuk Proses pembuatan cocopeat blok? Proses pembuatan cocopeat blok cukup membutuhkan press cocopeat dan saringan.
Kemudian bahan baku bisa diperoleh dari para produsen cocofiber (serat sabut kelapa) yang biasanya belum banyak dimanfaatkan.
Dengan pasar yang masih cukup terbuka juga harga yang kompetitif, maka semoga tulisan ini bermanfaat, dan kami rumahmesin.com siap membantu anda jika ingin berinvestasi dalam pembuatan cocopeat blok dengan penyediaan mesin-mesinnya. Untuk mesin press cocopeat dapat dilihat disini.

 

Ikuti kami!