Cara Membuat Kue Pia Kering Crispy di Rumah Sendiri

Cara membuat Kue Pia Kering

Padahal cara membuat kue pia kering sangatlah sederhana. Di Yogyakarta, kue pia ini dikenal dengan nama bakpia, yang sudah menjadi makanan khas serta dijadikan oleh-oleh Yogyakarta.

Membuat kue pia juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama teman atau keluarga loh. Jadi, gimana kalau membuat kue pia sendiri dirumah. Ayo kita mulai petualangan kuliner dan ciptakan kue pia yang lezat dan tak terlupakan!

Apakah Pia Termasuk Kue?

Kue pia adalah sejenis kue kering atau cemilan yang kulit luarnya kering dan renyah. Beragam isian pada kue pia, atau bakpia menjadikanya salah satu cemilan yang disukai banyak orang.

Asal usul kue pia ini berasal dari Tionghoa dengan nama asli “dou sha bing,” yang berarti roti kacang merah. Di Indonesia, bakpia menjadi populer di Yogyakarta pada awal abad ke-20, khususnya di kawasan Pathuk, sehingga dikenal sebagai Bakpia Pathok.

Kue ini di sebut bakpia karena di bahasa hokikan artinya kue daging. Memang awalnya orang-orang membuat kue ini dengan isian daging babi, namun isian nya menjadi beragam seperti coklat, kacang hijau, keju, dan durian.

Banyak toko menawarkan Pia kering dengan berbagai variasi dan rasa yang bisa kita coba. Terus-menerus ada inovasi dalam rasa dan kemasan, membuat bakpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal.

Perbedaan Pia Basah dan Kering

Oh iya Kue pia sendiri ada jenis pia kering dan pia basah. Nah kalian tahu nggak? Perbedaan utama antara kue pia basah dan kue pia kering  terletak pada proses pembuatan kulitnya.

Pia kering memiliki kulit yang renyah dan garing, Sedangkan Pia basah memiliki kulit yang kenyal dan lembut karea mengandung lebih banyak air.

Untuk membuat bakpia kering perlu mengabungkan kedua lapisan kulit dan melipat seperti amplop. Gilas dan lipat adonan hingga tiga kali untuk kulit berlapis-lapis yang renyah. tidak perlu merendam dalam miyak sebelum menambahkan isian.

Sementara itu, untuk membuat bakpia basah, pertama-tama gabungkan kedua lapisan kulit lalu lipat adonan sekali sebelum membentuk bulatan. Selanjutnya, merendam adonan sebelum menambahkan isian pada kue pia.

Faktor Penting Pembuatan Kue Pia Kering

Sebelum membuat kue pia pastikan bahan-bahan untuk membuat kue pia tidak ada yang jangal, karena hal ini dapat mempegaruhi hasil dari pembuatan.

Oleh karena itu, memperhatikan kualitas bahan sangat penting untuk memastikan kue pia yang dihasilkan berkualitas tinggi. Sebab itulah ada faktor-faktor yang diperhatikan saat membuat kue pia yaitu sebagai berikut:

1. Pemilihan Bahan Baku

Gunakan Tepung terigu untuk mendapatkan tekstur yang renyah. Memastikan bahan-bahan seperti kacang hijau, gula atau bahan pengisi yang lain dalam keadaan segar dan berkualitas.

Dan juga pastikan menggunakan mentega yang berkualitas baik, karena lemak yang digunakan dapat mempegaruhi kelmbutan dan kematangan pada kulit.

2. Pengulenan dan Istirahat Adonan

Proses menguleni yang benar membantu pengembangan gluten dalam tepung terigu. Memastikan untuk mendiamkan adonan selama 30-60 menit sebelum dibentuk. Hal ini membuat adonan lebih mudah dibentuk dan mengurangi risiko sobek.

Selain itu, membiarkan adonan beristirahat akan membuatnya lebih elastis dan merata. Dengan cara ini, hasil akhir produk roti atau kue Anda akan lebih baik. Hasilnya, kualitas produk Anda akan meningkat dan lebih konsisten.

3. Pengisian Adonan Kue Pia

Ketebalan campuran kulitnya harus seragam. Jika kulitnya terlalu tipis maka mudah bocor saat diisi, dan jika kulitnya terlalu tebal maka kerenyahannya akan hilang.

Hal ini akan memudahkan pengisian adonan kulit dan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Saat menggulung, perhatikan ketebalan adonan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Pemanggangan Kue Pia

Pastikan memanggang kue dengan suhu 160-200 derajat Celcius dalam 20-25 menit. Jarak antar kerak pada loyang sangat penting untuk dijaga agar panasnya merata, dan panggang hingga kerak berubah warna menjadi coklat. Panggang selama 20-25 menit.

Selain itu, sering-seringlah memeriksa oven Anda selama memanggang untuk memastikan suhunya tetap stabil. Dengan cara ini, pia akan dipanaskan secara merata dan terasa sempurna.

Mesin pemanggangan yang efisien akan tetap mempertahankan kualitas dari kue pia Kami dari CV Rumah Mesin memiliki mesin pemanggangan efisien yang bisa memuat hingga 10 loyang sehingga meningkatkan jumlah produksi kue pia. Jika kalian tertarik dengan Mesin oven kami silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut.

cara membuat kue pia kering
Gambar Mesin Oven Kue Pia Serbaguna

5. Pendinginan dan Penyimpanan

Setelah matang, biarkan kue dingin di rak pendingin agar tidak lembab dan tetap renyah. Simpan kue pia dalam wadah kedap udara agar tetap kering dan renyah.

Selain itu, penting untuk memeriksa wadah penyimpanan secara berkala. Dengan menggunakan wadah kedap udara, kue pia akan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak tekstur renyahnya. Maka, pastikan wadah selalu tertutup rapat setelah dibuka.

Resep Cara Membuat Kue Pia Kering

cara membuat kue pia kering
Kue Pia isi Kacang Hijau

Kue pia kering awalnya hanya berisi daging babi, tetapi kini memiliki berbagai isian termasuk kacang hijau yang memberikan rasa kaya dan tekstur menarik.

Membuat kue pia sendiri dirumah mudah dilakukan dengan menggunakan oven kue dari Rumah Mesin. Sebab, bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat.

Bahan yang diperlukan

1. Adonan Kulit

  • 250 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin leleh
  • 50 ml air matang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

2. Isian Kacang Hijau:

  • 150 gr kacang hijau
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Langkah-langkah Pembuatan

Membuat isi

  1. Rendam kacang hijau semalaman, Kemudian rebus kacang hiaju dengan air secukupnya hingga cukup empuk.
  2. Setelah empuk, angkat dan tiriskan kacang hijau tersebut.
  3. Haluskan kacang hijau yang sudah ditrisikan.
  4. Masak kacang hijau yang sudah dihaluskan bersama dengan gula pasir, garam, vanili bubuk, dan daun pandan hingga tercampur rata dan mengering.
  5. Angkat dan dinginkan adonan. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil sesuai dengan ukuran kue pia yang di inginkan.

Membuat Kulit

  1. Campurkan tepung terigu, gula bubuk, dan garam dalam magkuk besar.
  2. Selanjutnya, tambahkan minyak sayur dan aduk hingga berbutir.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis.
  4. Diamkan selama 30 menit agar lebih elastis.

Membentuk Pia

  1. Ambil adonan kulit, pipihkan, dan letakkan bulatan isian kacang hiaju di tengahnya.
  2. Isian dibungkus dengan kulit dan bentuk bulat pipih.
  3. Proses ini diulang hingga semua adonan habis.

Pemanggangan

  1. Sambungkan mesin oven kue ke sumber listrik.
  2. Nyalakan mesin oven, dan panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  3. Setelah suhu tercapai, susun kue pia di atas loyang yang telah di alasi kertas roti atau minyak.
  4. Panggang kue pia kurang lebih 20-25 menit atau hingga kulitnya berwarna kecoklatan dan kering.
  5. Setelah matang, angkat kue pia dan biarakan dingin sebelum disajikan.

Agar hasil lebih renyah, kalian bisa memanggang dua kali. Panggangan pertama dalam 20 menit, angkat, lalu dinginkan, lalu panggang kembali selma 10-15 menit. Pastikan untuk menutup adonan isi dengan rapat agar tidak robek saat dipanggang.

Cara Menyimpan Pia Supaya Tahan Lama

Kue pia tidak jauh berbeda dengan kue lainya, yang bergantung pada penyimpanannya untuk menjaga keawetan dan kualitasnya. Masa simpannya bisa sangat berkurang jika cara menyimpannya tidak benar.

Karena itu, kami akan memberikan sedikit panduan menyimpan agar masa simpannya menjadi lebih lama dan dapat kalian nikmati dalam waktu yang akan datang.

  1. Gunakan wadah kedap udara dan bungkus kue pia dengan plastik atau aluminium foil sebelum dimasukkan ke dalam wadah kedap udara untuk perlindungan ekstra.
  2. Simpan kue pia di lemari penyimpanan atau pantry, jauhkan dari cahaya matahari langsung.
  3. Untuk penyimpanan jangka panjang, bungkus kue pia dengan aluminium foil dan simpan dalam wadah kedap udara atau kantong freezer. Biarkan mencair di suhu ruangan, bukan di oven.
  4. Menggunakan vakum sealer, kita dapat menghilangkan udara dari kemasan untuk memperpanjang umur simpan.
  5. Memastikan alat dan area kerja bersih saat membuat dan mengemas kue pia. Periksa secara berkala untuk tanda-tanda kelembaban atau jamur.

Peluang Usaha Kue Pia Kering

cara membuat kue pia kering

 

Menjalanakan usaha kue pia kering dapat menjadikan peluang usaha yang menjanjikan, karena  permintaan yang tinggi, bahan baku yang mudah di dapat dan murah, serta proses pembauatan yang sederhana.

Dengan kreativitas dalam varain rasa seperti kacang hiaju, keju, cokelat, dan lain-lain, produk ini dapat menjangkau pasar yang luas, baik offline ataupun online. Berikut adalah langkah-langkah memulai usaha kue pia kering

1. Riset Pasar

Sebelum memulai, pastikan untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh. Hal ini melibatakananalisis kebutuhan konsumen dan mengetahui kelemahan dan kekuatan pesaing.

Dengan informasi ini, kalian dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dan efektif untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mengatasi tantangan yang ada.

Selain itu, riset pasar dapat terus memberi kalian informasi terkini tentang tren dan preferensi terkini. Hasilnya, strategi bisnis kalian akan lebih sesuai dengan pasar.

2. Mengembangkan Produk

Tentu saja, produk kita harus memiliki keunikan yang membedakannya dari yang lain. Untuk mencapai hal ini, kalian mengembangkan resep baru, melakukan uji coba produk dan memperoleh umpan balik dari calon konsumen, ini akan membantu kalian memastikan bahwa produk benar-benar memenuhi ekspektasi pasar.

Selanjutnya, gunakan umpan balik untuk meningkatkan produk kalian. Dengan ini, kalain dapat menyesuaikan dan meningkatkan produk sesuai dengan preferensi konsumen. Pasar akan menerima produk ini dengan baik dan mengunguli pesaing lain.

3. Merencanakan Bisnis Produk

Mengembangkan rencana bisnis yang komprehensif merupakan langkah penting yang mencakup penempatan tujuan, mengidentifikasi, segmen pasar, dan merancang strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, menganalisis biaya dan menyiapkan perkiraan laba merupakan bagian intergal dari rencana.

Dengan cara ini kami memastikan bahwa setiap aspek bisnis terencana dengan baik dan siap menghadapi pasar. Oleh karena itu, mengevaluasi dan menyesuaikan rencana kalian sangat penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

4.  Bahan Baku Produksi

Mempersiapakan bahan baku, menggunakan oven, dan menyiapakn tempat produksi merupakan hal yang cukup penting. Pastikan peralatan dan fasilitas memenuhi standar kesehatan dan keamanan.

Dengan memastikan semua persiapan sudah matang, kalian bisa  menghindari masalah yang akan datang. Selain itu, pemantauan standar kebersihan dan kesehatan secara berkala akan mendukung keberhasilan operasional dan kepuasan pelanggan.

5. Branding dan kemasan

Membuat branding juga sangat penting, selain membangun merek yang mudah di ingat, kalain juga harus membuat kemasan yang menarik, fungsional, dan berbeda dari yang lain dengan kreativitas kalian.

Selain itu, dengan kemasan yang menarik, kita dapat meningkatakn daya tarik visual dan merek. Oleh karena itu, penting untuk terus melakuan inovasi dan evaluasi desain kemasan agar menarik bagi pelanggan.

6. Strategi dalam Pemasaran

Di era digital saat ini dengan adanya teknologi dan internet, pemasaran dan penjualan mengalami perubahan yang besar. Karena itu, strategi pemasaran yang efektif harus melibatkan internet dan teknologi secara optimal.

Salah satunya adalah menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook serta menggunakan e-commerce dan website. Selain itu, promosi seperti diskon, bundling produk, dan event juga menarik pelanggan secara efektif.

Manfaat dan Khasiat Kue Pia Kering

omomg- omong kue pia juga punya manfaat dan kahsiat tersendiri loh. Kue pia sendiri mengandung karbohidrat dari tepung terigu dan gula, yang bisa memberikan energi instan untuk tubuh.

Jika menggunakan tepung terigu yang memiliki serat, kue pia kering bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. ini lah beberapa manfaat mengkosumsi kue pia:

  1. Mengonsumsi kue pia dapat membantu mengurangi risiko kanker dan kerusakan dalam DNA.
  2. Kue pia dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri serta virus.
  3. Kue pia mempunyai senyawa yang sangat membantu meingkatkan kesehatan kulit dan mengurangi jerawat.
  4. Selain itu, kue pia juga dapat mengurangi gejala PMS berkat kandungan vitamin B, B6, C, dan Volat.

Penutup

Kue pia kering sangat populer dan menjadikannya oleh oleh dari Jogja. Kue ini memiliki berbagai variasi isian, seperti kacang hijau dan cokelat. Pembuatan kue pia kering bisa menjadi kegiatan menyenangkan bersama keluarga, asalkan memperhatikan bahan, pengulenan, pengisian, pemanggangan, dan penyimpanan untuk hasil terbaik.

Menjalankan usaha kue pia kering memiliki potensi keuntungan besar karena permintaan pasar tinggi. Kreativitas dalam varian rasa dan strategi pemasaran efektif, seperti media sosial dan e-commerce, dapat memperluas pasar. Branding yang kuat dan kemasan menarik akan membantu produk kue pia kering bersaing di pasar lokal dan internasional.

Sekarang ini, membuat kue pia kering menjadi lebih mudah jika menggunakan alat-alat modern seperti oven dari Rumah Mesin untuk memanggang kue pia. Pemanggang atau oven khusus untuk memproduksi kue kering pasti sangat berguna. Klik disini untuk detail lengkapnya.