Cara Memotong Ayam 16 Bagian Untuk Acara Besar

cara memotong ayam 16 bagian

Pasti kita jarang mengolah dan mengosumsi ayam potong dalam bentuk utuh atau tidak di potong menjadi beberapa bagian. Pada umumnya, kita akan memotongnya terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dan kemudian kita olah menjadi bahan dasar berbagai jenis masakan yang akan di hidangan.

Kita akan membahas ayam potong yang di bagi menjadi 16 bagian. Biasanya di perlukan untuk acara partai yang cukup besar. Kita akan membahas bagaimana cara memotong ayam karkas menjadi 16 potongan. Potongan ini biasanya digunakan untuk hidangan partai besar, pernikahan, khitanan, maupun acara lainnya.

Cara Memotong Ayam 16 Bagian

cara memotong ayam 16 bagian

 

Cara memotong ayam utuh tidak akan sulit jika mengikuti langkah-langkah yang benar. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan memotong ayam utuh dengan tepat adalah keterampilan dasar yang sangat berguna dalam proses memasak.

Mengetahui teknik memotong ayam utuh yang benar dapat membantu kamu dalam proses potong ayam utuh menjadi lebih mudah. Potong ayam menjadi lebih sempurna sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika kamu salah pada saat memotong ayam utuh, daging ayam akan mengeluarkan darah segar pada saat dimasak.

Inilah mungkin mengapa kebanyakan orang memilih untuk membeli ayam yang sudah dipotong karena dinilai lebih praktis.  Namun ada juga yang beralasan bahwa tidak tahu cara memotong ayam utuh yang benar. Penasaran mau tahu cara memotong ayam utuh yang mudah untuk dipraktikkan di rumah? Simak terus penjelasannya disini ya.

Penggunaan pisau dalam pemotongan ayam sangat wajib kamu perhatikan. Pisau terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, gunakan lah pisau yang tajam khusus daging untuk  memotong menjadi 16 bagian. Tak lupa gunakan alas atau talenan yang kuat untuk proses pemotongan ayam.

1. Menggunakan Pisau Yang Tajam  Atau Khusus Pemotong Daging

Penggunaan pisau dalam pemotongan ayam sangat wajib kamu perhatikan. Pisau terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, gunakan lah pisau yang tajam khusus daging untuk  memotong menjadi 16 bagian. Tak lupa gunakan alas atau talenan yang kuat untuk proses pemotongan ayam.

Sebelum kita memotong daging pastikan kita harus memilih jenis pisau yang bagus untuk memotong daging ayam karkas adalah pisau cleaver meat. Pisau ini memiliki ukuran yang besar dan mata pisau persegi panjang dan tajam. Hasil potongan akan lebih rapi dan tidak akan menyebabkan pisau cepat menumpul.

Pisau cleaver meat di rekomendasikan untuk para industri ternak ayam potong agar mempermudah pekerjaan dan potongan ayam menjadi rapi.

Pisau khusus daging atau cleaver meat tersebut biasanya terbuat dari bahan dasar keramik yang anti bakteri. Sebab itu, kamu tak perlu meragukan lagi tingkat kehigienisannya.

 Bisa juga memakai pisau jenis lain atau yang biasa di pakai di dapur asalkan pisau tajam dan tidak tumpul. Pasti tidak jarang juga orang orang menggunakan pisau yang biasanya di pakai di dapur untuk memotong ayam.

2. Pastikan Bagian Dalam Ayam Sudah Di Ambil Lalu Cuci Bersih

Sebelum mencuci ayam, cek dulu bagian dalam ayam. Pastikan rongga dalam ayam sudah dalam kondisi bersih. Jika belum, keluarkan organ tersebut. Kamu bisa menyimpan atau membuangnya jika tidak ingin mengolahnya.

Lanjutkan dengan mencuci dengan air dingin. Dicuci menggunakan air dingin karena jika menggunakan air panas atau hangat dapat memicu pertumbuhan bakteri dan berpeluang merusak tekstur dari daging ayam. Setelah selesai dicuci, keringkan menggunakan tisu dengan cara ditepuk-tepuk saja pada bagian yang basah.

3. Potong Bagian Kepala Dan Ceker Ayam

Jika ayam yang dibeli masih terdapat bagian kepala dan cekernya maka langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memotong kedua bagian tersebut. Kedua bagian tersebut dipotong di awal dengan tujuan agar memudahkan proses pemotongan bagian badan ayam lainnya.

Setelah bagian kepala dan ceker terpisah, simpan kedua bagian tersebut di dalam wadah yang sudah di siapkan untuk memisah kan kepala dan ceker ayam

4. Memotong Bagian Bawah Ayam Karkas

Sebelum kita memotong ayam karkas menjadi 16 bagian, sebaiknya kamu perlu memerhatikan bagian bawah ayam terlebih dahulu sebelum memotongnya menjadi 16 bagian. 

Langkah selanjutnya yaitu memotong bagian kaki ayam. Pertama, taruh ayam di atas talenan lalu posisikan ayam dengan dada mengarah ke arah atas. Posisi ini memiliki tujuan untuk memudahkan proses pemotongan kaki ayam.

Pegang bagian kaki kiri ayam menggunakan tangan kiri lalu tarik perlahan untuk mengetahui bagian yang menjadi penghubung antara kaki dengan tulang pinggul ayam. Kamu bisa menggunakan garpu untuk menusuk daging sehingga dapat membantu menahan posisi ayam agar tidak bergerak ketika kamu ditarik bagian kakinya.

 Tarik bagian paha dan potong sesuai ujung paha yang terlihat seperti ujung bola. Agar kita mudah memotong, kita bisa menariknya sambil ditekuk sedikit sampai ujung paha yang seperti bola tadi terpotong. Jika bagian paha sudah terpotong saatnya membagi dua potongan tersebut.

Pisahkan bagian drumstick dan paha atas yang terlihat dari tulang yang menyatu namun tidak terlalu kuat. Jika sudah menemukan titik tersebut kamu bisa membaginya menjadi dua bagian.

5. Memotong Bagian Dada Ayam Karkas

Untuk potong karkas ayam 16 bagian, selanjutnya langkah ke dua pada bagian dada ayam. Setelah kita membuang tulang punggung, pastinya bagian tengah ayam sudah terlihat apa lagi tulang rusuknya bisa kita lihat.

jangan memotong bagian kaki yang berkulit lebih dulu karena hal ini bisa menjadikan hasil potongan tidak rapi. Bagian kaki ayam sendiri terbagi dua yaitu paha dan drumstick. Drumstick yaitu bagian kaki yang ukurannya lebih kecil. Sama seperti namanya, bagian ayam ini memang mirip layaknya stik pemukul drum.

Kedua sisi kita potong sama rata dari ujung leher sampai tulang dada yang paling ujung. Untuk mempermudah proses pemotongan, kamu bisa menempatkan tulang rusuk di bagian atas agar mudah terlihat potongannya.

Setelah menjadi dua bagian, kita bisa membagi bagian badan atas ayam ini menjadi 8 potongan per satu bagian.

Pertama, bagian sayap kita bagi menjadi dua bagian. Lalu bagian dada yang dekat dengan sayap kita potong lagi menjadi dua. Kamu bisa melihat garis pembaginya dengan menekan ujung daging sehingga potongan ayam bisa lebih rapi.

Selanjutnya, kita sampai di dua potongan dada yang paling banyak kandungan daging nya. Kita bisa membaginya menjadi empat bagian. Pertama, perhatikan tulang rusuk ayam dan tandai pembagiannya. Selanjutnya kamu tinggal memotongnya sama rata sesuai dengan tanda.

6. Hasil Akhir Pemotongan Ayam 16 Bagian

cara memotong ayam 16 bagian

 

Setelah memotong bagian bawah dan dada ayam, kamu akan mendapatkan hasil akhir 16 potongan. Potongan tersebut terdiri dari:

  1. 2 potongan sayap ujung
  2. 2 potongan sayap dekat dada
  3. 4 potongan dada dekat sayap
  4. 4 potongan dada yang mengandung banyak daging
  5. 2 potong drumstick
  6. 2 potong paha atas

Pemotongan ayam karkas menjadi 16 bagian ini memiliki berbagai macam kelebihan.

Pertama, kamu bisa menghasilkan berbagai macam variasi menu masakan.

Kedua, biaya yang kamu keluarkan untuk membuat hidangan partai besar atau acara lainnya lebih ekonomis. Nutrisi dan lezatnya rasa daging ayam tetap sama walaupun di potong menjadi 16 bagian.

 Potong Ayam Karkas 16 Bagian Untuk Acara Besar

Ayam yang di potong menjadi 16 bagian ini memang lebih menguntungkan dari segi biaya karena lebih ekonomis bila tujuannya untuk membuat hidangan seperti partai besar, pernikahan maupun acara keluarga.

Jumlah ayam bisa jadi lebih banyak dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya acara besar seperti khitanan dan pernikahan seringkali menggunakan potongan ini untuk membuat hidangan tamu agar lebih banyak jumlah ayam yang tersedia.

Salah satu cara memotong ayam utuh yang mudah untuk dipraktikkan di rumah. Meskipun saat ini sudah banyak penjual yang menjual ayam yang sudah dipotong namun tidak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana cara memotong ayam utuh yang baik dan benar.

Kalau kamu tidak ingin repot untuk memotong ayam menjadi beberapa bagian kamu bisa lansung membeli ayam potong di industri peternak ayam potong yang berkualitas bagus menurut mu.

Kalian juga bisa dapat ayam potong yang fresh dengan memilih industri ayam potong yang mengambilnya langsung dari kandang dan menyembelih nya secara benar. Dan di pastikan bukan ayam yang sudah lama di sembelih lalu di simpan di lemari es atau kulkas.

Berbagai Menu Makanan Andalan Di Acara Besar

Biasanya menu andalan di acara partai, khitanan maupun pernikahan menyiapkan sajian makanan yang terbuat dari ayam maupun olahan ayam itu sendiri. Dan berbagai macam olahan ayam yang di masak sesuai selera atau sering di minati banyak orang.

1. Ayam penyet

Hidangan ayam goreng yang terdiri dari ayam goreng yang diperas dengan alu di lesung agar lebih empuk, dan disajikan dengan sambal, irisan ketimun, tahu goreng, dan tempe.

Menu simple yang buat nagih ya ayam penyet cabe ijo. Buatnya juga mudah ayam goreng di geprek dan di beri sambal ijo yang pedas, ayamnya juga juicy dan tempe yang renyah dan potongan timun sebagai pelengkap.

Menu ini sudah sering kita di setiap ada acara keluarga maupun acara lainnya, banyak juga yang menjualnya di resto cepat saji ataupun di pedagang pinggir jalan.

2. Soto Ayam

Selain ayam bahan yang digunakan juga meliputi telur rebus, irisan kentang, daun seledri, serta bawang goreng. Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk dan koya (campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih).

Sering kita temukan soto ayam di acara pernikahan atau khitanan, cara pembuatan yang simpel dan tidak terlalu banyak makan biaya yang di keluarkan.

Banyak peminat dari soto ayam karena rasa yang enak dan bisa membuat kenyang. Apalagi di makan waktu masih panas rasa akan lebih nikmat.

3. Rendang Ayam

Rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan rendang adalah lengkuas, jahe, kunyit, merica, serai, cabai, bawang merah, bawang putih, adas bintang, asam kandis, daun jeruk, daun salam, dan daun kunyit.

Resep yang gampang dan bahan bahan yang cukup mudah di temukan seperti di supermarket, pasar maupun di toko sayur. Resep dan cara ini pasti akan banyak peminat.

Rendang ayam adalah salah satu menu yang sering di temui di setiap acara pernikahan maupun khitanan. Agar tidak terlalu banyak ekor ayam yang di potong, kamu bisa menggunakan cara memotong ayam menjadi 16 bagian bahkan bisa di potong menjadi 18 bagian.

Banyak keuntung dari memotong ayam 16 bagian, karena bisa lebih menghemat dan mengurangi biaya untuk membeli ayam lebih banyak. sistem ini sangat cocok di gunakan untuk acara besar agar jumlah makanan yang akan di bagikan lebih banyak dan cukup untuk di bagikan.

Tentang Ayam

Ayam adalah burung yang biasa dipelihara oleh manusia untuk hidup untuk kebutuhan pemeliharanya. Unggas domestik (selanjutnya disingkat “ayam”) adalah keturunan langsung dari subspesies unggas hutan yang dikenal sebagai unggas hutan merah (Gallus gallus) atau unggas Bangkiwa (Bankiva fowl).
 
Semua ayam adalah theropoda seperti tyrannosaurus. Persilangan antar ras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan berbagai fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya).Ayam biasa juga dapat disilangkan dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, menghasilkan hibrida steril yang jantannya dikenal sebagai bekisare.
 
Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, ada lebih banyak ayam di dunia daripada burung lainnya, menurut Ensiklopedia Burung Fireflys. Ayam menyediakan dua sumber protein dalam makanan: ayam dan telur.
 
Pandangan tradisional tentang peternakan ayam tentang domestikasi spesies ini diwujudkan dalam Encyclopædia Britannica (2007): “Orang-orang pertama kali menjinakkan ayam dari India untuk tujuan sabung ayam di Asia, Afrika dan Eropa. Tidak ada perhatian khusus yang diberikan pada produksi telur atau daging.

Pada proses pengolahan daging ayam, setelah Ayam potong atau ayam yang dipotong baik dari jenis ayam kampung atau ayam broiler.

Sesaat setelah dipotong, maka kemudian dilanjutkan proses pencabutan bulu ayamnya. Prosesnya ada yg dicabut manual dan juga menggunakan Mesin Pencabut Bulu Ayam.