Kajian Pagi Bareng Ust Dudi, Bahas Keajaiban Lahirnya Nabi Muhammad SAW

Limasan Barat, Kamis 4 Oktober 2024 – PT Rumah Mesin menggelar Kajian Pagi bareng Ust Dudi dengan tema “Keajaiban Lahirnya Muhammad: Tiga Peristiwa Agung”. Acara ini dihadiri oleh seluruh karyawan perusahaan, bertempat di Limasan Barat, pukul 08.00 – 09.00.

Tiga Kejadian Saat Lahirnya Nabi Muhammad SAW

Dalam kajian tersebut, Ustadz Dudi menjelaskan tiga kejadian besar yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW:

1. Dikalahkannya Pasukan Abrahah

Kejadian pertama adalah dikalahkannya pasukan bergajah yang dipimpin oleh Raja Abraha dari Yaman. Pasukan ini datang dengan niat menghancurkan Ka’bah, namun Allah SWT melindungi Ka’bah dengan mengirimkan burung Ababil yang menghujani mereka dengan batu dari neraka. Peristiwa ini tercatat dalam Al-Qur’an surat Al-Fil, menandakan kehendak Allah yang agung menjelang kelahiran Rasulullah.

2. Matinya Api Majusi

Kejadian kedua adalah padamnya api abadi yang selama seribu tahun tak pernah mati di kuil Majusi di Persia. Api ini adalah simbol penyembahan mereka, dan ketika padam bersamaan dengan lahirnya Nabi Muhammad, hal ini menjadi tanda bahwa era kegelapan penyembahan berhala akan segera berakhir dengan datangnya Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

3. Runtuhnya Kekaisaran Kisra Persia

Bersamaan dengan kelahiran Nabi Muhammad, istana Kisra di Persia mengalami guncangan hebat, dan empat belas menara istananya runtuh. Peristiwa ini menjadi tanda bahwa kekuasaan tiran dan penguasa yang zalim akan segera digantikan oleh risalah kebenaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Kewajiban Kita Untuk Nabi Muhammad SAW

Suasana Kajian Pagi Bareng Ust Dudi
Suasana Kajian Pagi Bareng Ust Dudi

Ustadz Dudi juga mengisahkan tentang penuhnya cahaya saat kelahiran Nabi Muhammad yang menerangi seluruh penjuru Mekkah, sementara kakek beliau, Abdul Mutalib, berkeliling Ka’bah sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas lahirnya sang pembawa risalah.

Selain mengingat tiga peristiwa agung tersebut, Ustadz Dudi juga menekankan kewajiban umat Muslim dalam menyikapi kelahiran Nabi Muhammad. Terdapat tiga kewajiban utama yang harus dilakukan:

  1. Setiap Muslim wajib mengimani bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang membawa risalah kebenaran dan petunjuk bagi seluruh umat manusia.
  2. Umat Islam harus meneladani akhlak dan tindakan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, sebagai teladan yang sempurna dalam segala aspek kehidupan.
  3. Kita juga wajib membela kehormatan dan ajaran Nabi Muhammad dari segala bentuk penghinaan atau penyimpangan, baik secara lisan maupun perbuatan.

Peringatan ini menjadi momen penting bagi seluruh karyawan PT Rumah Mesin untuk memperdalam kecintaan kepada Nabi Muhammad dan menjadikannya sebagai panutan dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Dengan semangat kelahiran Rasulullah, Dalam kajian pagi bareng Ust Dudi beliau berharap dapat terus meneladani nilai-nilai yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, baik dalam etika kerja maupun interaksi sosial antar sesama karyawan.